Jumat, 09 Agustus 2019

Materi Teks Deskripsi Bahasa Indonesia

Teks deskripsi adalah materi genre teks dalam pelajaran bahasa Indonesia untuk semester pertama kelas VII SMP. Teks deskripsi adalah materi genre teks yang paling pertama diperkenalkan kepada siswa tingkat SMP. Genre teks ini juga cukup sering muncul di dalam naskah soal ujian nasional sehingga penting untuk dipahami dengan baik.

Definisi

Kata deskripsi adalah kata serapan dari bahasa Inggris description yang merupakan turunan dari kata kerja to describe yang berarti 'menggambarkan'. Maka dari itu, teks deskripsi bisa dipahami sebagai teks yang menggambarkan sesuatu. 

Lebih panjangnya, teks deskripsi diartikan sebagai teks yang memuat penggambaran atau pelukisan secara mendetail suatu objek, tempat, atau orang melalui ciri-ciri yang dicerap oleh indra atau pengalaman penulis. Di dalam teks deskripsi, penulis akan menggambarkan objek, tempat, atau orang dengan rinci, seolah-olah penulis memang berhadapan dengan objek tersebut, atau berada di tempat yang dideskripsikan, atau mengalami sendiri apa yang dideskripsikannya.

Tujuan

Dari definisi yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya sudah tergambar tujuan dari teks deskripsi. Tujuan tersebut adalah menggambarkan ciri-ciri dari suatu objek, tempat, atau orang agar pembaca atau penyimak teks bisa membayangkan objek, tempat, atau orang yang dideskripsikan seolah-olah pembaca atau penyimak berhadapan atau pernah menyaksikan langsung hal yang dideskripsikan itu.

Struktur

Struktur teks deskripsi sebenarnya sederhana karena hanya terdiri dari dua unsur: (1) Identifikasi dan (2) Deskripsi bagian. Berikut ini penjelasannya.



Contoh Analisis Struktur

Berdasarkan penjelasan struktur teks deskripsi tersebut, kita bisa membuat analisis struktur dari sebuah teks deskripsi seperti berikut. Apabila gambar tidak bisa tampil dengan baik, coba klik agar tampil secara layar penuh (fullscreen).


Unsur Kebahasaan

Unsur-unsur kebahasaan teks deskripsi berdasarkan buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 adalah sebagai berikut.
  1. Kalimat perincian untuk mengonkretkan
  2. Kalimat yang menggunakan cerapan pancaindra.
  3. Peluluhan bunyi /k, p, t, s/ pada kata dasar yang mendapat awalan me(N)--.
  4. Sinonimi
  5. Kata umum dan kata khusus

49 komentar:

  1. Oke pak/buk saya sedang membaca

    BalasHapus
  2. Adhietya Al-Falah Mulya kelss 7'4 sedang membaca

    BalasHapus
  3. Ok Bu ridho 7d sedang membaca

    BalasHapus
  4. Ok pak/bu saya sedang membaca

    BalasHapus
  5. Oke bu/Pak saya sedang baca Satrio 7D

    BalasHapus
  6. Ok bu/pak saya sedang membaca Anisa nur karimah 7b

    BalasHapus
  7. Ok Pak/bu saya sedang baca AQILAH 7D

    BalasHapus
  8. Ok Pak/bu AQILAH AISH ALIFAH S3DANG BACA 7D

    BalasHapus
  9. Saya YECIKA sedang membaca nya bu

    BalasHapus
  10. Saya YECIKA sedang membaca nya bu

    BalasHapus
  11. Saya YECIKA sedang membaca nya bu

    BalasHapus
  12. Saya Shafa sedang membaca pak

    BalasHapus
  13. Saya gilang saya sedang membaca

    BalasHapus
  14. saya Rizka saya sedang membaca balas

    BalasHapus
  15. saya Rizka saya sedang membaca balas

    BalasHapus
  16. saya Adystha gilang ramadhan sedang membaca

    BalasHapus
  17. Saya sekAr saya sudah membaca

    BalasHapus
  18. Saya Siti Nurheni sudah baca buu

    BalasHapus
  19. Iyah buk saya sedang membaca

    BalasHapus
  20. Saya alea 7a saya sedang membaca Bu..

    BalasHapus
  21. Saya andriyan Willy Sitompul 7B sudah membaca

    BalasHapus
  22. saya muhamad alan apriansah 7d sudah membaca

    BalasHapus
  23. Saya aqilah kls 7d sudah membaca

    BalasHapus
  24. Saya Nauval kelas 7b sedang membaca

    BalasHapus
  25. Saya rafi fajar abigail 7g baru baca

    BalasHapus
  26. Saya Moh Fahri Arifin 7D sudah membaca

    BalasHapus
  27. Saya Septika Dyah Ayu Lestari 7D b sudah membaca

    BalasHapus
  28. Saya assyifa assyifa nur faoziah 7D sudah membaca

    BalasHapus
  29. Saya Aulia khalda dzakira 7D
    Sudah membaca

    BalasHapus
  30. Saya Fahra Aulia Ramadhani 7D
    Sudah membaca

    BalasHapus