Minggu, 18 Agustus 2019

Cara Mengaktifkan Fitur IME untuk Menulis Aksara Jepang (Kana dan Kanji) di Komputer

Meskipun sekarang saya tidak lagi seintens dulu dalam mempelajari bahasa Jepang, kadang-kadang saya masih berinteraksi dengan teks berbahasa Jepang. Seperti yang diketahui secara umum, bahasa Jepang tulis tidak hanya memiliki satu sistem tulis, tetapi banyak sistem tulis.

Sistem tulis bahasa Jepang terdiri dari aksara kana, aksara kanji, dan romaji. Di antara ketiga aksara tersebut, aksara romaji adalah aksara yang mirip dengan tulisan latin. Sebutan romaji sendiri berasal dari kata roma yang merujuk pada kota Roma, ibukotanya bangsa romawi kuno yang membuat tulisan latin, serta kanji  (ji) yang berarti 'tulisan'.

Nah, yang menjadi masalah adalah dua sistem tulis lainnya, yaitu kana dan kanji. Kedua sistem tulis ini sama sekali tidak mirip dengan tulisan latin yang digunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kana dan kanji adalah sistem tulis yang berasal dari sistem tulis kanji/hanzi Tiongkok. Kana berasal dari penyederhanaan goresan aksara kanji, sedangkan kanji Jepang sendiri memang diadopsi dari kanji Tiongkok.

Bagi pembelajar bahasa Jepang atau pengguna bahasa Jepang yang sudah mahir, tulis-menulis dengan aksara kana dan kanji di komputer tentu mustahil dilakukan tanpa adanya sistem atau aplikasi khusus yang memungkinkan penggunaan keyboard biasa agar bisa membuat tulisan kana dan kanji. Di sistem operasi Windows, aplikasi khusus itu dikenal sebagai IME, singkatan dari Input Method Editor.

Aplikasi IME tidak serta-merta bisa dijalankan jika Anda menggunakan sistem operasi Windows berbasis bahasa Inggris atau Eropa. Anda harus mengatur dulu beberapa setting di Control Panel agar aplikasi IME bisa dijalankan dan digunakan. Nah, dalam artikel ini, saya akan memaparkan cara mengaktifkan aplikasi IME agar pengguna Windows bisa menggunakan keyboard biasa untuk menulis aksara kana (katakana, hiragana) dan kanji.

Windows 10

Di sistem operasi Windows 10, langkah yang dilakukan untuk mengaktifkan fitur IME relatif lebih sederhana. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Klik Start Menu, kemudian tikkan “language” (tanpa tanda petik) di kotak pencarian. Dari hasil pencarian yang muncul, pilih aplikasi Region and Language yang muncul di paling atas.

2. Akan muncul sebuah jendela aplikasi Setting seperti gambar berikut. Perhatikan bahwa di bagian Languages terdapat sebuah daftar bahasa yang terinstal di system operasi Anda.


3. Klik tombol Add language.

4. Di layar selanjutnya akan muncul daftar bahasa-bahasa yang bisa diinstalkan untuk Windows 10. Scroll daftar bahasa itu ke bawah sampai Anda temukan Japanese.

Cara lainnya, Anda bisa tuliskan saja “Japanese” ke dalam kotak pencarian.

5. Klik entri Bahasa Indonesia dari daftar. Tunggu sebentar Windows menginstalasi bahasa yang Anda pilih.

6. Setelah instalasi selesai, bahasa yang Anda pilih akan dimasukkan ke dalam daftar bahasa.
Kemudian, perhatikan area System Tray yang terdapat di pojok kanan Taskbar! Di sana akan muncul sebuah ikon bertuliskan ENG. Ini adalah ikon indikator bahasa input keyboard yang sedang aktif. Jika pada ikon itu bertuliskan ENG, bahasa input keyboard yang aktif adalah bahasa Inggris.


Munculnya ikon indikator itu juga menjadi pertanda bahwa aplikasi IME sudah aktif. Setelah mengaktifkan aplikasi IME, aplikasi ini nantinya akan berjalan otomatis ketika Windows start-up. Jadi, Anda tidak perlu mengaktifkannya berulang-ulang.

Menggunakan IME untuk Menulis Kana dan Kanji

Nah, sekarang mari kita coba mengetik tulisan Jepang di komputer. Jalankan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word. Lalu, coba tuliskan beberapa kata bahasa Jepang di situ. Lho, kok yang keluar masih tulisan latin, bukannya tulisan kana atau kanji Jepang?

Sebelum menggunakan IME, kita harus mengubah/memindahkan mode pengetikan dulu. Caranya, gunakan kombinasi tombol ALT + SHIFT. Kombinasi tombol (hotkey) ini berfungsi mengubah bahasa input dari input default menjadi input lain, sesuai dengan daftar bahasa yang Anda setel di bagian Languages tadi. 

Perhatikan ketika Anda menekan kombinasi ALT + SHIFT, ikon indikator akan berubah. Jika Anda menginstalasi lebih dari satu bahasa input di bagian Languages, tekan terus ALT + SHIFT sampai ikon indikator bahasa berubah menjadi seperti gambar di bawah.

Namun, sampai di sini, Anda masih belum bisa mengetik tulisan kana atau kanji. Bahasa input memang sudah berubah menjadi bahasa Jepang. Namun, sistem tulis yang sedang aktif adalah romaji alias tulisan latin.

Perhatikan ikon huruf A kapital di sebelah ikon indikator bahasa Jepang. Ikon ini menandakan bahwa sistem tulis dari input Jepang yang aktif adalah input romaji alias tulisan latin. Untuk mengubah sistem tulis itu, kita gunakan kombinasi tombol ALT + `. Tombol untuk karakter acute atau grave [`] bisa ditemukan di barisan tombol angka, biasanya tepat di sebelah kiri tombol angka 1.

Setelah menekan tombol tersebut, perhatikan lagi indikator sistem tulis akan berubah memperlihatkan karakter あ dalam bahasa Jepang. Ini berarti sistem tulis yang aktif adalah sistem tulis kana-kanji.


Nah, sekarang, mulailah menulis dengan teks kana dan kanji bahasa Jepang di mana pun. Anda bisa menggunakan input Jepang ini di aplikasi pengolah kata, peramban web, e-mail, bahkan beberapa game juga mendukung chat dengan tulisan Jepang. 

Silakan coba sendiri! Dan kalau ada pertanyaan atau komentar, jangan segan untuk mengirimkan di kolom komentar, ya!

20 komentar:

  1. Punya saya tetap tidak bisa

    BalasHapus
  2. kak, kalau biar hurufnya tetap jadi hiragana dan tidak berubah menjadi kanji saat diberi space bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekan spasi satu kali lagi, nanti muncul daftar suggestion word. Di situ biasanya ada suggestion yang hiragana semua.

      Hapus
    2. Di enter dulu kak, baru dispace

      Hapus
  3. Paket bahasa saya udah terinstall, tapi di opsi tambahkan keyboard, tidak ada pengetikan hitagana atau katakana

    BalasHapus
  4. punya saya tetap tidak bisa menginstall katanya eror itu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kemungkinan. Bisa jadi konektivitas internet nggak stabil, atau Windows anda terdeteksi lisensi ilegal (misalkan Windows Anda kebetulan nonasli). Macam-macam penyakitnya...

      Hapus
  5. punya saya sudah terinstal tapi tetap tidak bisa mengetik nihongonya,itu kenapa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon penjelasan cara mencoba pengetikannya bagaimana?
      Sudah coba ganti mode keyboard dengan ALT+SHIFT sampai kode bahasa di System Tray jadi JP atau beraksara あ?

      Hapus
  6. わたしわはたいれてます。(Watashiwa hataraiteimasu.)
    Punya saya Work. Thanks udah di kasih tahu Shortcut untuk merubah Hiragana/Katakana ke Romanji.

    BalasHapus
  7. saya kok tetap ga bisa berubah ke aksara Jepang ya? katanya "japanese IME is not ready yet"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua kemungkinan:
      1. Language pack Japanese IME belum selesai diunduh dan dipasang oleh Windows.
      2. Ada eror ketika pengunduhan dan/atau instalasi language pack. Mungkin Anda harus mengunduh dan menginstal secara manual. Coba ke tautan ini:
      https://support.microsoft.com/en-us/windows/language-packs-for-windows-a5094319-a92d-18de-5b53-1cfc697cfca8

      Hapus
  8. Laptop saya hanya bisa menulis hiragana dan katakana aja min, ngga bisa menulis kanji. Itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Cek setelan input di Control Panel -> Language. Siapa tahu yang digunakan bukan IME tapi Japanese keyboard layout.
      2. Cek setelan input mode di IME (klik kanan ikon IME di System Tray, arahkan ke Input Mode) di situ seharusnya Romaji Input.

      Hapus
  9. Min, kenapa kalau langsung mengetik hurufnya langsung Di keyboard ada huruf yg kurang seperti huruf mu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengetik langsung maksudnya pakai layout Jepang atau IME mode kana?

      Hapus
  10. punya saya malah saat diketik lain yang ketulis lain, kenapa gitu ya min?

    contohnya saya mau nulis watashi yg keluar malh gini てちかちとくに

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan salah setel keyboard. Maksudnya, ketika memilih bahasa Jepang, input yang dipilih bukan IME, melainkan layout keyboard Jepang. Coba buka ke Control Panel -> Language. Di daftar Change Your Language Preference perhatikan input bahasa Jepang: IME atau Japanese? Kalau tertulisnya Japanese berarti benar salah pilih input.

      Hapus
  11. punyaku tetap ngga bisa
    tetep romaji tidak bisa jadi huruf jepang

    BalasHapus