Selasa, 04 Maret 2014

Fakta-fakta Menarik tentang Konsol Video Game


Perkembangan video game, khususnya konsol dan sistem untuk memainkan video game itu, sangat cepat. Jadi, meskipun rentang sejarah perkembangannya sendiri bisa dibilang relatif muda (apalagi kalau dibandingkan dengan sejarah perkembangan teknologi lain) bukan berarti membuat tidak banyak hal menarik di dalamnya. Justru karena begitu cepatnya perkembangan teknologi video game itulah sehingga banyak hal yang luput dari perhatian banyak orang, bahkan bagi para gamer sendiri. Ini pun saya rasakan, apalagi setelah mengetahui beberapa di antaranya; misalnya, beberapa catatan berikut ini.
  • Sega Dreamcast adalah konsol permainan pertama yang menerapkan mode permainan daring (online), dengan memanfaatkan jaringan telepon; diluncurkan 10 September 2000, dan dinamakan sistem jaringan Sega Net. Tapi sayang, hanya bertahan sekitar setahun.
  • Microsoft Xbox adalah sistem video game pertama yang mendukung penuh fitur tampilan HDTV.
  • Pada tahun 1999, Majalah Popular Science mengakui Sega Dreamcast sebagai salah satu produk paling penting dan inovatif dalam industri video game.
  • Waktu pertama kali dirilis pada bulan Maret tahun 2000, PlayStation 2 adalah satu-satunya konsol video game yang mampu menandingi kemampuan olah grafis (graphics performance) rata-rata PC yang ada saat itu, bahkan lebih bagus daripada PC-PC dengan spek. high-end saat itu.
  • Produksi Nintendo N64 menandai awal perusahaan Silicon Graphics Inc (SGI) menjadi perusahaan yang ikut mengembangkan teknologi perangkat keras untuk video game.
  • Meskipun sebenarnya permainan Atari Footbal telah selesai pada 1973, permainan tersebut tidak dirilis sebelum 1978. Tundaan ini gara-gara si video game tak bisa menggeser tampilan layar. Artinya, pemain nggak bisa melihat area lapangan di luar apa yang ditampilkan monitor. Ketika permainan ini akhirnya dirilis, permainan ini menjadi permainan pertama yang memanfaatkan screen scrolling, atau penggeseran layar; suatu fitur (dan capaian teknologi) penting yang menjadi bagian dari banyak sekali permainan masa kini.
  • Konsol video game pertama yang permainannya bisa diganti-ganti (ketika itu dalam bentuk kartrid) adalah Fairchild Channel F, diperkenalkan pada Agustus 1976.
  • PlayStation 2 adalah sistem permainan pertama yang menggunakan teknologi DVD.
  • Konsol Sega Genesis menggunakan model prosesor Motorola yang sama dengan yang digunakan komputer Apple Macintosh pertama.
  • Sistem video game Mattel Intellivision, diperkenalkan 1980, memiliki fitur PlayCable, yaitu memainkan game melalui jaringan TV Kabel. Interesting...
  • Nintendo Game Boy adalah konsol video game paling sukses sepanjang masa. Lebih dari 100 juta unit terjual di seluruh dunia. Belum model-model bajakannya. :D
  • Kata atari yang menjadi nama perusahaan pembuat konsol sekaligus developer game itu, berasal dari istilah permainan igo Jepang, yang lebih kurang maknanya 'sebentar lagi terkepung'. Digunakan untuk memberi tahu lawan main, bahwa sebentar lagi si lawan akan kalah. Ya, mirip dengan fungsi kata skak pada permainan catur.
  • Pada 1980, sebuah layanan online bernama Gameline menawarkan penggunanya untuk mengunduh berbagai macam permainan untuk mesin Atari 2600 melalui jalur koneksi telepon biasa. Memang tidak menjadi sukses, tetapi pada akhirnya menjadi landasan untuk mendirikan America Online, layanan penyedia jasa Internet (ISP) terbesar sejagat dunia.
  • Konsol video game portable dengan tampilan berwarna pertama adalah Atari Lynx, dirilis pada 1989, dengan harga $149. Bukan GameBoy Color :D.
  • Diluncurkan pada tahun 1993, 3D0 adlah sistem video game pertama yang memanfaatkan media dan teknologi CD seutuhnya.
  • Sistem PlayStation buatan Sony itu pada awalnya dirancang sebagai semacam perangkat tambahan (add-on) untuk konsol Super Nintendo. Namun gara-gara masalah lisensi dan berbagai urusan pelik lainnya, akhirnya Sony cerai dari Nintendo, kemudian mengembangkan PlayStation sebagai mesin konsol video game mereka sendiri.

Masih ada beberapa catatan menarik lagi tentang fakta-fakta dalam perkembangan video game. Di lain posting dan kesempatan akan saya bagi. Tunggu yaa~!

Dikompilasi & dicukil dari:
Andy_Kelly. 2012, June 23. 101 game facts that will rock your world. Gamesradar.com. (http://www.gamesradar.com/101-game-facts-that-will-rock-your-world/)
Jeff Tyson. “Cool Video Game Facts”. How Video game System Works. Electronics.Howstuffworks.com (http://electronics.howstuffworks.com/video-game6.htm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar